Rabu, Maret 16, 2011

Jalan Dakwah


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabaraakatuh…Sahabat-sahabat semua nya,
dakwah adalah mengajak atau menyeru kepada kebaikan yg diajarkan oleh Rasulullah dan diperintahkan oleh Allah. Alangkah mulianya orang yg berada dijalan dakwah dan ia memberikan kebaikan dan manfaat kepada masyarakat disekitar.

Tugas sebagai dai adalah sangat berat dan ini yg coba kita pahami. Tatakala kita membaca ayat alquran dan hadis dengan mudahnya kita menyampaikan kepada orang lain. Terlebih lagi bagi dai’ yg memiliki jamaah yang banyak.

kadang kita karena tuntutan harus menjadi penceramah atau pemateri dengan mudahnya kita mencari artikel quran dan hadis melalui internet maupun dari buku-buku ceramah. dengan sekali membaca kita sudah berani menyampaikan itu kepada orang lain. Kita merasa telah paham dengan maksudnya jadi tanpa ragu untuk menyampaikannya.

“Mengapa kalian mengajak orang lain (mengerjakan) kebajikan, sedangkan kalian melupakan diri (akan kewajib-an)mu sendiri, padahal kalian membaca Al kitab? Maka tidaklah kalian berfikir?” (Al-Baqarah: 44).

Wahai orang-orang yang beriman, mengapa kalian mengatakan apa yang kalian tidak perbuat? Amat besar kebencian disisi Allah bahwa kalian mengatakan apa-apa yang kalian tidak kerjakan.” (Ash-Shaff: 2-3 ).

Dari ayat diatas sangat jelas digambarkan bahwa kita sebagai dai hendaklah paham betul dengan ajaran islam baik itu alquran dan hadist juga pendapat para ulama. tidak hanya itu akan tetapi harus terlebih dahulu kita amalkan.

Jika diibaratkan dakwah itu sebuah pakaian maka kenakanlah dulu pakaian itu untuk kita baru kita berikan kepada orang lain. Jangan biarkan diri kita telanjang sedangkan orang lain berpakaian dengan pakaian yg  kita berikan. Sungguh perbuatan ini sangat dibenci oleh Allah SWT.

Inilah mungkin kenapa perkataan dan ajakan kita para da’i kadang tidak diamalkan dan didengar oleh jamaah, mari kita introspeksi diri.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;